Senin, 09 Januari 2012

Truk-Truk Pengangkut Beras

Truk-truk pengangkut beras dari Wilayah Cirebon yang berplat nomor "E" mendominasi halaman parkir dan kawasan di pasar induk beras Johar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sepekan terakhir. Truk-truk itu mengangkut beras dari sentra padi Indramayu dan Cirebon. Sekitar 60 persen beras yang masuk ke sini Pasar Johar berasal dari Indramayu. Sisanya dari Jawa Tengah dan Karawang.

Sejumlah pedagang di pasar itu, Selasa (10/1/2012) menilai, masuknya beras dari Indramayu dan Cirebon "menyelamatkan" harga yang cenderung naik seiring berkurangnya pasokan dari petani di Karawang. Setidaknya kenaikannya tipis karena pasokan beras stabil.

"Sekitar 60 persen beras yang masuk ke sini (Pasar Johar) berasal dari Indramayu. Sisanya dari Jawa Tengah dan Karawang," kata Wahyu, salah satu pedagang di Pasar Johar.

Harga beras kualitas medium di tingkat grosir di Pasar Johar naik dari kisaran Rp 8.100-8.150 per kilogram menjadi Rp 8.150-8.300 per kilogram dalam sepekan terakhir. Kenaikan juga terjadi pada beras kualitas lain dengan kenaikan rata-rata Rp 50 per kilogram.

"Kenaikan juga tak seberapa karena permintaan beras dari Jakarta dan pedagang di luar pulau relatif stabil. Ke toko saya rata-rata masih 30-40 ton per hari sepekan terakhir," tambah Wahyu.

0 komentar: