Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Piala Dunia Tahun 1950

 Setelah 12 tahun tertunda karena Perang Dunia II, Piala Dunia akhirnya kembali digelar pada 1950.Turnamen keempat ini diadakan di Brasil pada 24 Juni - 16 Juli.Ada 15 negara yang mengikuti ajang ini dan dibagi menjadi empat grup.Jumlah ini menurun dari Piala Dunia 1938, yakni 16 negara.

Berbeda dengan beberapa Piala Dunia sebelumnya, Piala Dunia kali ini memakai sistem yang berbeda untuk menentukan juara. Empat tim yang lolos sebagai juara grup di adu di grup final, di mana tim dengan poin tertinggi berhak keluar sebagai juara dunia.

Uruguay sukses menjadi juara. La Celeste memiliki lima poin di klasemen akhir, mengungguli Brasil yang meraih empat angka.

Ini adalah gelar kedua Uruguay, setelah sebelumnya sukses juara pada 1930. La Celeste Olimpica berhak mendapatkan trofi Piala Dunia yang pada tahun itu dinamakan trofi Jules Rimet, untuk mengenang 25 tahun kepepimpinan Rimet sebagai Presiden FIFA.

Ada 6 venue di turnamen ini dan striker Brasil, Ademir, menjadi top skorer dengan torehan 9 gol.

Kontroversi

India sebenarnya lolos ke turnamen ini dan berada di Grup 3 bersama Swedia, Italia dan Paraguay.Namun, mereka akhirnya memilih mundur setelah diberitahu FIFA bahwa mereka tidak boleh bermain tanpa menggunakan sepatu.

Perancis juga mundur dari turnamen ini karena jauhnya perjalanan yang harus mereka tempuh ke Brasil.

Baca juga: Jadwal Piala Dunia 2014.